Sejarah Empal Gentong Haji Apud

Empal Gentong Haji Apud adalah salah satu wisata kuliner yang sudah melegenda di Cirebon, yang wajib diburu pemudik saat berada dikota Cirebon.

Memulai usahanya pada tahun 1995, Haji Mahcfud atau yang lebih dikenal dengan nama H. Apud ini memulai usahanya dengan berjualan Empal Gentong di warung sederhana yang didirikannya ditepi jalan Ir. H. Juanda Battembat Kab Cirebon, dengan harga Rp. 1500 Per Porsi.

Dalam Pembuatannya, empal gentong dimasak dalam gentong dan menggunakan kayu bakar. Cara memasak dalam gentong tanah liat ini akan membuat cita rasa makanan menjadi lebih sedap. Sementara itu, untuk daging yang digunakan adalah daging segar terbaik yang dihasilkan langsung dari tempat pemotongan sapi yang ada didaerah sekitar battembat Cirebon. Dan keempukan daging sapi dalam setiap porsi empal gentong terasa sangat pas karena sudah dimasak sejak dini hari setiap harinya.

Setelah beberapa tahun berjalan, berkat keuletan dan kesabarannya, bisnis empal H. Apud pun menuai sukses dengan memiliki 2 cabang yang beralamat di Jl. Tuparev no.43B Cirebon dan di Komplek Pasar Batik Trusmi Jl. Otista Plered, serta memiliki puluhan karyawan.

Menu yang ditawarkan pun beragam, selain empal gentong dengan bumbu rempahnya yang menggugah selera, ada juga empal asem bagi pecinta kesegaran dan bagi yang tidak menyukai atau menghindari santan. Selain itu sate kambing muda dan nasi lengko serta tahu gejrot pun tersedia disini, dengan kelejatan nya yang tidak akan terlupakan oleh lidah.